(1 Pilih)

Lolos Seleksi Raimuna Nasional, Aulia Pramesti: Persiapan 1 Minggu, Belajar Sungguh-sungguh, Kuasai Buku Tebal Pramuka Pilihan

Smangkasahnd, MAROS – Salah seorang siswa SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin, Aulia Pramesti Permata E lolos seleksi raimuna nasional. Berbagai tahapan telah dilalui pada pesta penegak dan pandega (raimuna nasional ke XII ). Berlangsung di Buperta Cibubur, 14-21 Agustus 2023 .

Aulia sapaannya bercerita, awalnya Ia mengikuti seleksi raimuna nasional di kwartir ranting (kwarran). Kemudian mengikuti seleksi di kwartir cabang lebih tepatnya di sekretariat dewan kerja cabang Maros pada Minggu, 9 April 2023.

“Ada empat macam jenis tes di antaranya tes tertulis, tes bakat, tes wawancara, dan juga tes presentasi. Seminggu sebelum tes di cabang setiap malamnya saya belajar sungguh-sungguh di rumah senior. Menerima buku materi pramuka tebal yang harus bisa saya kuasai dalam seminggu. Alhamdulillah malamnya kami di kirimkan PDF hasil seleksi dan nama saya berada di urutan ke 3,” ungkap rasa senangnya.

Setelah dinyatakan lulus, Aulia melakukan pemantapan sebelum pemberangkatan ke Cibubur. Pemantapan dilaksanakan  setiap Sabtu dan Minggu di kwarcab Maros. Dimulai dari 20 Mei hingga 30 Juli.

“Di pemantapan tersebut kami betul-betul digenjot. Berbagai materi kepramukaan, mengimplementasikan POLMEKBIN seperti bina diri, bina satuan dan bina masyarakat. Saat kegiatan bina satuan kami terjun langsung untuk mengajarkan materi kepada adik-adik siaga (sekolah dasar) yang ada di ranting kami masing-masing,” ujarnya.

Saat bina masyarakat Aulia dan peserta yang lain membersihkan wilayah di sekitaran kwarcab guna meminimalisir sampah-sampah yang ada di jalanan. “Kami juga dituntun untuk membuat kegiatan khusus peserta raimuna nasional seperti LPK, KPDK , DIANPINSAT dan GLADI TANGGUH. Kami yang menjadi panitia dan kami juga yang melaksanakan,” tambahnya.

Kegiatan raimuna yang awalnya berlangsung tujuh hari, menjadi 13 hari dikarenakan mengalami beberapa kendala. “Kita (peserta) berada lumayan jauh dari Jakarta, pulang-pergi naik kapal laut maka menambah 13 hari,” akuhnya.

Selain itu, Aulia dan peserta yang lain juga berkunjung ke universitas yang sudah dipilih melalui aplikasi E rainas. “Saya waktu itu memilih berkunjung di Universitas Indonesia . Lalu ada kegiatan Wisata dan saya berkunjung di TMII juga museum tekstil . Lalu YDT (Youth Development Town) di kegiatan ini saya diarahkan untuk menerima materi tentang BIODISEL,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Sementara, untuk kegiatan Beranda Nusantara, peserta diajak ke berbagai stand di setiap provinsi di Indonesia. Tujuannya, untuk belajar tentang kebudayaan seperti menari, membuat tas daerah Papua dan mencicipi makanan khas daerah tersebut.

“Di malam hari kami akan berada di lapangan utama untuk Kegaitan Jumpa Tokoh inspiratif dan konser yang di isi oleh motivator maupun artis seperti Najwa Shihab, Tulus, Republik, Rizky Febrian, Raim Laode, Tiara Andini, dan masih banyak lagi,” cerita Aulia.

Penutupan raimuna dilaksanakan pada malam 20 Agustus. Diiringi meriahnya petasan dan kenangan abadi yang kelak menjadi cerita di masa senja. (humas).

Baca 1439 kali Terakhir diubah pada Selasa, 05 September 2023 13:37
SMA Angkasa Maros

Sukses Karakter, Sukses Prestasi